All new cbr150r jatuh 90 derajat, kok mesin gak mati sih

Hai semuaaaa 😁 tentu kalian ingat beberapa waktu lalu klo ane bikin artikel tentang cbr ane yang jatuh kepleset di sebuah perjalanan, nah waktu jatuh ane langsung respon untuk melihat kondisi motor waktu jatuh, apakah berpotensi membahayakan sekitar dan atau motornya sendiri, ya siapa tau ada bahan bakar yang netes atau pecahan bodi motor yang berpotensi menusuk atau gimana kan buat jaga jaga, nah ternyata ane mendapati mesin yang masih menyala normal dalam posisi roda belakang masih muter karena perseneleng masih masuk di gigi 1, wah bahaya nih, reflek langsung mati in mesin dengan muter kunci kontak

Kejadian mesin masih nyala walaupun motor udah bener-bener jatuh 90Β° itu amenurut ane aneh banget, lah kan motor injeksi saat ini udah ada lean angle sensor yang salah satu fungsinya mengamankan motor dengan cara mematikan mesin jika dirasa motor dalam keadaan derajat yang membahayakan, yang ditakutkan kan jika kondisi mesin masih menyala dan ada cecerah bahan bakar atau motor masih berpotensi melakukan gerakan membahayakan tentu kerugian yang akan timbul masih akan bertambah jika hal itu sampai terjadi, misalnya motor terbakar atau motor jadi spin, kan ngeri tuh

Last, banyak juga orang yang mengalami kecelakaan dengan motor injeksi dan mendapati ecu tidak mematikan mesin yang membuat kondisi bisa saja membahayakan, selain itu kadang ecu dirasa malah menyusahkan ketika kita menanjak curam dalam kecepatan rendah karena kadang mesin motor malah ngedrop tenaganya, sebenarnya bagaimana sih ecu membaca hasil dari sensor kemiringan yang ada di motor, kok ada kondisi bacaannya gak tepat gitu, hallo pabrikan, motor bikinanmu loh

(dnf)

Iklan

Tentang DNFmagz

seorang manusia yang senang bermain dan bermain :D
Pos ini dipublikasikan di motor. Tandai permalink.

40 Balasan ke All new cbr150r jatuh 90 derajat, kok mesin gak mati sih

  1. John_Hendy berkata:

    Bukan ecu, tapi ada part sendiri namanya lean angle sensor, brarti cbr ga punya, search aja di google

    Disukai oleh 1 orang

    • DNFmagz berkata:

      Ecu kan baca kemiringan motor dari lean angle sensor/sensor kemiringan, ah masa motor injeksi jaman sekarang ga ada, masa se down grade itu sih

      Suka

      • Fbhy berkata:

        Kalau yang cbu punya lean anglenya pisah sama ecunya kalau gak salah d posisi depan dekat headlamp, cba test aja cbr yg lain

        Suka

      • DNFmagz berkata:

        Maksut ane tuh posisi lean angle ya.biasanya lepisah, tp kn ttp yg ngirim derajat kemiringan ya lean.angle, tp kn yg proses mematikan mesin tu ya atas perintah ecu kepada injektor dan yg lain atas masukan dari lean angle sensor

        Suka

  2. mbah_anom berkata:

    hmmmm donggred ?

    Suka

  3. orong-orong berkata:

    tak angkat ya kasusmu mungkin nanti dapat pencerahan

    Suka

  4. klikenter27 berkata:

    setau saya yang ecu-nya integrated dengan lean angle cuma moge dan beberapa tipe dari merk seberang, tapi cuma setau saya, lhoo… varioku yang disuundul mobil juga gitu, pas abis disundul dari belakang, motornya berbaring keenakan karena jatuh en mesinnya gak mati.

    Suka

    • DNFmagz berkata:

      Lho, lha klo lean angle gak intergrated dgn ecu, lha trus fungsinya apa?

      Suka

      • klikenter27 berkata:

        ga semua ecu ada fitur yang berfungsi sebagai lean anglenya, ecu kan sejatinya sebagai otak yang bertugas mengatur pasokan bahan bakar sesuai kebutuhan mesin, motor2 injeksi jaman dulu gak ada sensor lean angle juga tetep diatur ecu, kok. πŸ™‚

        Suka

      • DNFmagz berkata:

        Owwww kirain ecu bertugas mengatur semua fungsi elektronik di motor seperti abs, sensor kemiringan, dan sensor lainnya

        Suka

      • klikenter27 berkata:

        memang si ecu sebagai otaknya motor memegang peranan sentral terutama dari sisi elektronika, namun jika motor kelas low to middle end pake fitur komplit abs, ebd & lean angle sensor, mau dijual harga berapa? batal jadi kelas low to middle dunk, wkwkwkwkwk…..

        Suka

      • DNFmagz berkata:

        Lha nmax abs itu? 28 juta aja kok, sensor”nya buanyak, ada xtra vva jg, spedometernya jg paling lengkap toh di kelas 150cc, bahkan bisa bersaing dgn kelas atasnya jika secara fitur

        Suka

  5. fandiartz berkata:

    Berarti mesinnya bandel, walau jatuh tetep “move on”…
    >,<

    Disukai oleh 1 orang

  6. Busa_tio berkata:

    Jangan2 di CBR ini memang ngga ada lean angle sensornya.
    Diperparah CBR (dan motor sport AHM lainnya) jg ngga punya tombol/saklar engine cut off, pdhl kalau mengalami kasus kyk gini fitur itu sangat berguna.

    Disukai oleh 1 orang

  7. Selamat berkata:

    Setahu ane klo Vixion ada Lean Angle Sensor, tapi kok aneh ya CBR malah gak ada?

    Suka

    • DNFmagz berkata:

      Naahhh, wong harga jauh lebih mahal kok

      Suka

    • klikenter27 berkata:

      kalo fitur komplit pada motor injeksi, memang yamaha pelopornya, sejak jaman YM JET FI sudah duluan dilengkapi sensor O2, yang lain baru ngikut, Suzuki aja yang pake sensor O2 baru di Satria. πŸ™‚

      Suka

      • klikenter27 berkata:

        gini aja, daripada menimbulkan aneka asumsi, apalagi saya yang notabene pemula, njenengan sebagai blogger sebaiknya menggali informasi ke pabrikan langsung, kenapa kok NMax bisa murah dengan aneka fiturnya, atau kalo mau betul2 objektif profesional seperti media, njenengan bisa beli NMax, terus diuji kecelakaan atau terguling, apakah mesinnya tetap menyala atau mati, supaya mendapatkan info seakurat mungkin dan bisa dijadikan bahan artikel, kalo saya kan cuma pembaca dan bukan pihak prinsipal pabrikan he3 πŸ™‚

        Suka

      • DNFmagz berkata:

        Udah ada mas πŸ˜… lah kan kadang nmax di rumah tak bikinin artikel juga kok hahaha
        Udah pernah kecelakaan sama nmax jg kok

        Disukai oleh 1 orang

      • klikenter27 berkata:

        lha bagus itu… bisa disharing berwujud artikel, komparasi fitur lean angle pada dua merk.

        btw, hati2, Kang Mas, keep safety riding, mosok semua motornya dipake kecelakaan.

        Suka

      • DNFmagz berkata:

        Hihihi, udah ati” om, tp ya namanya musibah, nmax jatuh waktu mau putar balik karena ada pasir di jalan klo ga salah, jd kepleset deh, cbr jatuh di jalan makadam berlumpur 😁

        Suka

      • klikenter27 berkata:

        kalo gitu jadi motor bahan modif tuh, he3

        Suka

      • DNFmagz berkata:

        Modif tipis tipis 😁

        Suka

  8. Lean Angle Sensor di CBR baru kagak ada. Motor saya juga injeksi, NJZ1. Pernah jatuh pas bawa anak kecil. Jatuh, ngga sengaja megang handle gas masih nyala. Ya udah matiin kontak. Susahnya injeksi sekarang ada beberapa motor yang ngga pake ECO (Engine Cut Off)

    Suka

    • DNFmagz berkata:

      Lho bukannya yg lama malah ada?
      Tp bisa jg emang ga adasih, kok setelah ane pikir” waktu nanjak dan berhenti di tengah trus lanjut nanjak cbr ini gak ngedrop powernya, tetep kyk biasa, klo kyk vixion dulu di tanjakan terjal dengan kemiringan ekstrim trus berhenti bisa ngempos powernya

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s