Hai semuaaaa π tentu kalian ingat beberapa waktu lalu klo ane bikin artikel tentang cbr ane yang jatuh kepleset di sebuah perjalanan, nah waktu jatuh ane langsung respon untuk melihat kondisi motor waktu jatuh, apakah berpotensi membahayakan sekitar dan atau motornya sendiri, ya siapa tau ada bahan bakar yang netes atau pecahan bodi motor yang berpotensi menusuk atau gimana kan buat jaga jaga, nah ternyata ane mendapati mesin yang masih menyala normal dalam posisi roda belakang masih muter karena perseneleng masih masuk di gigi 1, wah bahaya nih, reflek langsung mati in mesin dengan muter kunci kontak
Kejadian mesin masih nyala walaupun motor udah bener-bener jatuh 90Β° itu amenurut ane aneh banget, lah kan motor injeksi saat ini udah ada lean angle sensor yang salah satu fungsinya mengamankan motor dengan cara mematikan mesin jika dirasa motor dalam keadaan derajat yang membahayakan, yang ditakutkan kan jika kondisi mesin masih menyala dan ada cecerah bahan bakar atau motor masih berpotensi melakukan gerakan membahayakan tentu kerugian yang akan timbul masih akan bertambah jika hal itu sampai terjadi, misalnya motor terbakar atau motor jadi spin, kan ngeri tuh
Last, banyak juga orang yang mengalami kecelakaan dengan motor injeksi dan mendapati ecu tidak mematikan mesin yang membuat kondisi bisa saja membahayakan, selain itu kadang ecu dirasa malah menyusahkan ketika kita menanjak curam dalam kecepatan rendah karena kadang mesin motor malah ngedrop tenaganya, sebenarnya bagaimana sih ecu membaca hasil dari sensor kemiringan yang ada di motor, kok ada kondisi bacaannya gak tepat gitu, hallo pabrikan, motor bikinanmu loh
(dnf)
Verza ku piye ya… blm coba miring…
SukaSuka
Rodanya di siram oli habis ganti kemaren om, di jamin bisa miring”
ππππππππ
SukaSuka
Anjayyyy sesat
SukaSuka
Biar bisa miring verzanya ππππ
SukaSuka
verza mati kalo miring > 59 derajat
SukaSuka
Naahh, cbr kalah sama verza iki piye
SukaSuka
Gitu ternyata wah sip ki
SukaSuka
Bukan ecu, tapi ada part sendiri namanya lean angle sensor, brarti cbr ga punya, search aja di google
SukaDisukai oleh 1 orang
Ecu kan baca kemiringan motor dari lean angle sensor/sensor kemiringan, ah masa motor injeksi jaman sekarang ga ada, masa se down grade itu sih
SukaSuka
Kalau yang cbu punya lean anglenya pisah sama ecunya kalau gak salah d posisi depan dekat headlamp, cba test aja cbr yg lain
SukaSuka
Maksut ane tuh posisi lean angle ya.biasanya lepisah, tp kn ttp yg ngirim derajat kemiringan ya lean.angle, tp kn yg proses mematikan mesin tu ya atas perintah ecu kepada injektor dan yg lain atas masukan dari lean angle sensor
SukaSuka
hmmmm donggred ?
SukaSuka
Woooooo bc yooo
π
SukaSuka
wah bahaya neh…
https://ndesoedisi.com/2016/10/20/otak-atik-gathuk-71-terkuak-rahasia-rossi-lorenzo-mengalami-crash-di-motegi/
SukaSuka
Ngeriii
SukaSuka
tak angkat ya kasusmu mungkin nanti dapat pencerahan
SukaSuka
Boleh banget, biar yg lain jg dapet pencerahan
SukaSuka
siap
SukaSuka
Mantap π
SukaDisukai oleh 1 orang
setau saya yang ecu-nya integrated dengan lean angle cuma moge dan beberapa tipe dari merk seberang, tapi cuma setau saya, lhoo… varioku yang disuundul mobil juga gitu, pas abis disundul dari belakang, motornya berbaring keenakan karena jatuh en mesinnya gak mati.
SukaSuka
Lho, lha klo lean angle gak intergrated dgn ecu, lha trus fungsinya apa?
SukaSuka
ga semua ecu ada fitur yang berfungsi sebagai lean anglenya, ecu kan sejatinya sebagai otak yang bertugas mengatur pasokan bahan bakar sesuai kebutuhan mesin, motor2 injeksi jaman dulu gak ada sensor lean angle juga tetep diatur ecu, kok. π
SukaSuka
Owwww kirain ecu bertugas mengatur semua fungsi elektronik di motor seperti abs, sensor kemiringan, dan sensor lainnya
SukaSuka
memang si ecu sebagai otaknya motor memegang peranan sentral terutama dari sisi elektronika, namun jika motor kelas low to middle end pake fitur komplit abs, ebd & lean angle sensor, mau dijual harga berapa? batal jadi kelas low to middle dunk, wkwkwkwkwk…..
SukaSuka
Lha nmax abs itu? 28 juta aja kok, sensor”nya buanyak, ada xtra vva jg, spedometernya jg paling lengkap toh di kelas 150cc, bahkan bisa bersaing dgn kelas atasnya jika secara fitur
SukaSuka
Berarti mesinnya bandel, walau jatuh tetep “move on”…
>,<
SukaDisukai oleh 1 orang
Klo bandel di ceples aja om π
SukaSuka
Jangan2 di CBR ini memang ngga ada lean angle sensornya.
Diperparah CBR (dan motor sport AHM lainnya) jg ngga punya tombol/saklar engine cut off, pdhl kalau mengalami kasus kyk gini fitur itu sangat berguna.
SukaDisukai oleh 1 orang
Nah, mungkin terlalu fokus di performa sehingga fitur” yg tidak masuk di list yg dijual jd di hilangkan
SukaSuka
Setahu ane klo Vixion ada Lean Angle Sensor, tapi kok aneh ya CBR malah gak ada?
SukaSuka
Naahhh, wong harga jauh lebih mahal kok
SukaSuka
kalo fitur komplit pada motor injeksi, memang yamaha pelopornya, sejak jaman YM JET FI sudah duluan dilengkapi sensor O2, yang lain baru ngikut, Suzuki aja yang pake sensor O2 baru di Satria. π
SukaSuka
gini aja, daripada menimbulkan aneka asumsi, apalagi saya yang notabene pemula, njenengan sebagai blogger sebaiknya menggali informasi ke pabrikan langsung, kenapa kok NMax bisa murah dengan aneka fiturnya, atau kalo mau betul2 objektif profesional seperti media, njenengan bisa beli NMax, terus diuji kecelakaan atau terguling, apakah mesinnya tetap menyala atau mati, supaya mendapatkan info seakurat mungkin dan bisa dijadikan bahan artikel, kalo saya kan cuma pembaca dan bukan pihak prinsipal pabrikan he3 π
SukaSuka
Udah ada mas π lah kan kadang nmax di rumah tak bikinin artikel juga kok hahaha
Udah pernah kecelakaan sama nmax jg kok
SukaDisukai oleh 1 orang
lha bagus itu… bisa disharing berwujud artikel, komparasi fitur lean angle pada dua merk.
btw, hati2, Kang Mas, keep safety riding, mosok semua motornya dipake kecelakaan.
SukaSuka
Hihihi, udah ati” om, tp ya namanya musibah, nmax jatuh waktu mau putar balik karena ada pasir di jalan klo ga salah, jd kepleset deh, cbr jatuh di jalan makadam berlumpur π
SukaSuka
kalo gitu jadi motor bahan modif tuh, he3
SukaSuka
Modif tipis tipis π
SukaSuka
Lean Angle Sensor di CBR baru kagak ada. Motor saya juga injeksi, NJZ1. Pernah jatuh pas bawa anak kecil. Jatuh, ngga sengaja megang handle gas masih nyala. Ya udah matiin kontak. Susahnya injeksi sekarang ada beberapa motor yang ngga pake ECO (Engine Cut Off)
SukaSuka
Lho bukannya yg lama malah ada?
Tp bisa jg emang ga adasih, kok setelah ane pikir” waktu nanjak dan berhenti di tengah trus lanjut nanjak cbr ini gak ngedrop powernya, tetep kyk biasa, klo kyk vixion dulu di tanjakan terjal dengan kemiringan ekstrim trus berhenti bisa ngempos powernya
SukaDisukai oleh 1 orang
Lak kui sensor kemiringanmu bry yang rusak, heee
SukaSuka